Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback. Akan tetapi komunikasi bukan hanya bersifat verbal tetapi juga non verbal. Kita diam pun kita telah melakukan komunikasi. Pengertian komunikasi itu sendiri tergantung bagaimana orang memaknai komunikasi itu sendiri.
1.Komponen-komponen komunikasi
a. Komunikator/Penyampai pesan/Sumber/Source
Semua proses komunikasi berasal dari sumber, yang dapat berupa,
- perorangan , jika dalam komunikasi individual atau antar perorangan, atau seorang dengan beberapa orang
- Suatu lembaga atau organisasi, atau orang yang dilembagakan (komunikasi dengan media massa)
b. Pesan/Message
Unsur pesan meliputi semua materi atau isi yang dikomunikasikan antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi, baik yang disampaikan secara verbal maupun non verbal baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui media massa misalnya)
Pesan dapat berupa:
- pesan verbal, misalnya: bahasa/kata-kata lisan atau tertulis
- pesan non verbal, misalnya: isyarat, gambar, warna
- pesan paralinguistik, misalnya: kualitas suara, tekanan suara(tinggi rendah nada bicara), kecepatan suara, vokalisasi
c. Saluran/Media/Channel
Unsur saluran merupakan sarana tempat pesan yang disampaikan sehingga bisa diterima dan dimaknai oleh komunikan. Misalnya: media massa (surat kabar, majalah, televisi, radio dll.) telepon, surat.
d. Komunikan/Penerima pesan/Receiver
Unsur penerima merupakan sasaran dari komunikasi, bisa terdiri dari seseorang atau beberapa orang atau suatu lembaga/organisasi
e. Tujuan/Destination/Efect
Efek merupakan hasil dari suatu kegiatan komunikasi, merupakan tujuan dari peserta-peserta di dalam proses komunikasi.
f. Umpan Balik/Feedback
Feedback merupakan tanggapan atas pesan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator.
g. Gangguan/Noise
Gangguan tak terncana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat pesan yang diterima komunikan berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
Misalnya: perkuliahan yang terganggu akibat ada pesawat terbang yang melintas rendah di atas kelas.
2.Tujuan utama komunikasi - untuk membangun/menciptakan pemahamam atau pengertian bersama.
- Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus menyetujui tetapi mungkin dengan komunikasi terjadi suatu perubahan sikap, pendapat, perilaku ataupun perubahan
3. Ada beberapa Kekeliruan dalam Komunikasi yaitu,
- Komuniikasi merupakan kemampuan alamiah, setiap orang mengetahui dan mampu melakukan komunikasi.
- Keterampilan Komunikasi merupakan bakat, sifat bawaan, bukan di peroleh karena usaha/pendidikan.
- Ketika saya berbicara berarti say berkomunikasi.
- Komunikasi terjadi hanya kita menghendakinya.
- Kita membutuhkan lebih banyak komunikasi (anggapan kuantitas komunikasi berhubungan dengan kualitas hidup)
- Makna(tergantung konteks) terdapat pada kata-kata.
- Komunikasi adalah suatu panasea (obat mujarab) universal.
4. Fungsi-Fungsi Komunikasi- Pembentukan konsep diri (sifatnya dinamis) yaitu, pandangan kita terhadap diri kita.
- Pernyataan Eksistensi Diri yaitu, orang berkomunikasi untuk menunjukan bahwa dirinya eksis. Contohnya, fenomena seorang anak yang berbicara sendirian untuk menunjukan bahwa dirinya eksis.
- Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan dan memperoleh kebahagian.
- Komunikasi Ekspresi Komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan sayang, peduli, rindu, simpati dan lain-lain dapat disampaikan lewat kata-kata, namun yang paling penting lewat perilaku non verbal. Contohnya, seorang ibu membelai kepala anaknya untuk menunjukan kasih sayang.
- Komunikas Ritual Biasanya dilakukan secara kolektif yang menampilkan perilaku-perilaku yang bersifat simbolik. Contoh, acara ulang tahun(nyanyi lagu happy birthday dan pemotongan kue), pertunangan(melamar, tukar cincin).
- Komunikasi Instrumental Tujuan Umumnya yaitu, menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan dan mengubah perilaku atau menggerakan tindakan dan juga untuk menghibur.